Sabtu, 30 Mei 2015

Jangan Samakan Batu Granit dengan Kopi Seribuan


"Batu Granit yang Cantik"
sesungguhnya itu dalah arti dari nama panjangku, yaitu Granita Ghassini.

eh tunggu dulu, pasti sebagian dari kalian berpikir bila namaku seperti merek kopi. merek kopi yang orang bilang harganya seribuan dan dijual di warung pinggir jalan terdekat. Kopi yang mendadak booming saat aku SMP dan teman-temanku kala itu sering sekali menyamai namaku itu dengan kopi seribuan itu. 

Antara kesal dan ingin tertawa. Apa sebenarnya yang dipikirkan para pendiri dan pemilik kopi seribuan itu sehingga nama "granita" muncul di kepala mereka dan nama itu dipublikasikan dalam sebuah nama merek kopi. Kerena pemikiran mereka itu aku seringkali jadi bahan bercandaan teman-temanku karena namaku serupa dengan merek kopi seribuan itu.

Setiap aku bertemu orang-orang baru dan memperkenalkan diriku, pasti salah satu atau salah dua dari mereka berkomentar "ih nama lo kayak nama kopi seribuan", well, aku cuma bisa tersenyum dan menjelaskan apa makna dari namaku yang sebenarnya. Itulah mengapa aku kadang malas mengenalkan nama panjangku karena akan selalu bermunculan komentar serupa.

Sesungguhnya aku juga tak mengerti, darimana ayahku mendapatkan ide memberi nama anak gadisnya ini dengan nama "granita". Mungkin karena ayah lulusan teknik pertambangan dan dalam kerja praktiknya dahulu sering menemukan jenis batuan beku nan indah bernama batu granit. mungkin juga dari situ ia mendapatkan ide untuk menamai anaknya "Granita". Granita yang artinya batu granit, yang setauku nama granit ini berasal dari kata granum yang artinya "butir padi". Lalu apa hubungannya batu granit dengan butir padi? aku tak tau, mungkin anak pertambangan, geografi, geologi bisa menjelaskannya.. ha-ha-ha

Selain itu, menurut sumber yang ku baca, batu granit merupakan batu penanda benua, bahkan batu penanda planet bumi. Batu granit ini yang menjadi pembeda antara bumi dengan planet lain. Setelah tahu tentang hal ini, maka bermunculan rasa bangga memiliki nama granita. ha-ha-ha
Beberapa fakta lain mengenai batu granit , yaitu batu granit mengandung mineral kuarsa dan feldspar. Kedua mineral ini yang membuat batu granit menghasilkan cahaya terang, mulai dari merah muda hingga putih. Batu granit sifatnya keras dan kokoh. Batu granit terbentuk dari magma di perut bumi.

Yap, ku bisa mengambil kesimpulan dari hipotesis ku selama ini mengapa ayah memberiku nama granit. 
Pertama, ayah ingin aku kuat dan kokoh layaknya batu granit  yang bisa bertahan dalam kondisi apapun, bukan seperti kopi granita yang cair dan terdapat tanggal kadaluarsanya.

Kedua, ayah ingin aku lahir dan tumbuh menjadi wanita cantik dan 'mahal', bukan seperti kopi granita yang (kata orang) manis namun bisa bebas dinikmati siapa saja

Ketiga, ayah ingin aku terlihat berbeda dengan orang lain layaknya batu granit yang merupakan batu penanda planet bumi dengan yang lainnya. Berbeda dalam artian unik.

Keempat, mungkin saja ayahku ingin anaknya ini menghasilkan pancaran 'cahaya' layaknya batu granit yang memiliki mineral kuarsa dan feldspar. Ayah ingin dalam diriku terkandung hal-hal baik layaknya kuarsa dan feldspar. Dari hal-hal baik itu diharapkan bisa terpancar pesona aura kebaikan yang bermanfaat untuk orang lain.

Kelima, ayah ingin aku kuat dalam menghadapi 'panasnya' tekanan dan cobaan hidup. diharapkan aku bisa menjadi pribadi yang kokoh setelah dibentuk melalui tekanan dan ujian hidup yang besar. Layaknya batu granit yang terbentuk dari panasnya magma di perut bumi dan akhirnya menjadi sebuah batu yang cantik dan banyak dicari orang.

Keenam, karena batu granit sifatnya kuat dan kokoh, maka batu granit sering digunakan sebagai material konstruksi bangunan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ayah ingin aku menjadi kokoh untuk menopang konstruksi  'bangunan' keluarga di rumah. Well, dan sekarang aku sedang ditempa untuk menjadi seperti itu karena Ayah telah tiada :') 

Seharusnya aku harus banyak berterimakasih kepada Ayah karena beliau telah memberi ku nama "Granita Ghassini", yang artinya batu granit yang cantik, bukan kopi granita yang cantik, hahaha -_-
karena nama adalah doa, semoga doa pemberianmu senantiasa menjadi cerminan hidupku selamanya. aamiin :)

so, jangan samakan batu granit dengan kopi seribuan :p

*by the way, penulis gak bermaksud menjelekkan atau mempromosikan merek kopi yang diseutkan barusan. Mohon maaf bila ada pihak yang tersinggung :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar