Rabu, 04 Januari 2012

Pengalaman Silakbar 3, tanggal 3 Januari 2012

Assalamu'alaikum..
gue mau cerita tentang pengalaman gue pada saat ikutan acara silakbar dengan tema "Dakwah Via Ukhuwah" tanggal 3 Januari 2012 di masjid Darul Ilmi, Pondok Bambu. nah acara silakbar ini adalah acara silaturahim anak-anak rohis se-jakarta timur yang disselenggarain sama kaput (ketua keputrian) dan karo (ketua rohis) se-jaktim. kebanyakan panitianya dari rohis smk 26. awalnya, temen rohis gue yang namanya nisa (mantan kaput) ngajakin buat dateng ke acara itu. Kebetulan dia juga panitianya. yaah gue sih langsung setuju mau dateng. lumayan, nambah temen, nambah ilmu, nambah pengalamann juga. beberapa temen-temen rohis juga ikut (rohis kelas 11 dan kelas 12).

dan tibalah hari itu, tanggal 3 januari 2012 (hari selasa). gue dateng kesitu dengan niat memakai rok. karena dari pengalaman gue sebelum2nya, kalo ada acara2 kayak gitu pasti hampir semua peserta yang akhwat memakai rok. yasudahlah, akhirnya gue pake rok. gue berangkat bareng-bareng anak kelas 11.

sampai disana, benar saja, hampir semua peserta yang akhwat (perempuan) memakai rok. dan disitu gue kagum dengan panitia akhwatnya. mereka terlihat begitu anggun dengan jilbab panjangnya dan mereka semua memakai rok. gue kagum, karena mereka begitu terlihat antusias menyelenggarakan acara seperti ini. mereka itu tampak shalehah. gue iri!! yaa gue iri karena gue tak se-sholehah mereka haha.. (apa tau)
gue juga kagum sama semua panitia yang udah nyelenggarain acara bermanfaat kayak gini.. Subhanallah banget deh :)

gue pun  mengikuti acara ini dari awal sampe terakhir. acara i ni diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan acara games (untuk pemanasan haha). nama game-nya "Bos Berkata" ada yang gak tau sama mainan ini? kalo gatau silahkan tanya orang2 yang tahu hahahaha. pada saat main bos berkata, kita disuruh bikin kelompok 6 orang yang beraasal dari beda sekolah. pas udah bikin kelompok, gue kenalan sama temen sekelompok gue.. inilah dialog gue berkenalaan dengan mereka..
salah satu diatara meraka (M) : nama kamu siapa?
gue: nena
M: sekolah dimana?
gue: di SMA 81
M: kelas berapa?
gue: kelas 12
mereka: hahh jauh banget??
dan gue hanya tersenyum. disitulah gue baru tau kalo mereka itu kelas 10 wkwkwk (so, gue paling tua di kelompok mereka).. tapi gue seneng bisa ketemu mereka, bisa kenalan dan dapet temen-temen baru..


nah setelah itu, ada materi dari bang... siapa yaa? (waahh gue lupaaa). tapi yang jelas dia itu motivator, lulusan jurusan hukum unversitas di perancis!! wew kekaguman gue bertambah secara gue pengen banget belajar di perancis dengan beasiswa..
materi yang disampaikan itu tentang dakwah, ukhuwah, dan mencintai saudara karena Allah. Subhanallah banget, dari situlah Alhamdulillah ilmu gue bertambah. dakwah itu berat, tapi akan menghasilkan sesuatu yang indah. itulah kesimpulan yang bisa gue ambil.. pada saat materi berlangsung, kita disuruh salaman sama peserta distu, salaman dengan orang2 yang belum dikenal sebanyak-banyaknya. spontan kita langsung cari-cari temen buat kenalan.. haha seru banget deh.

hmmm, setelah itu, karena udah azan zuhur, kita ishoma (istirahat, shalat, makan). setelah shalat zuhur berjama'ah, kita disuruh kumpul lagi dan kita suruh bikin kelompok 8-9 orang dan satu kelompok itu harus berasal dari yaang berbeda sekolah. kebetulan gue masih sekelompok sama izza (masih satu sekolah) dan satu kelompok dengan beberapa anak dari sekolah lain, dari smk 26, smk 48, sma 14, dan sma yang lain (gue lupa haha). kami pun saling berkenalan satu sama lain.. haha senangnya dapet temen baru lagi :)
setelah gue tau, kita disuruh bikin kelompok ini buat makan siang. yaa.. makan siang dengan tampah (atau nampan.. yaa itulah namanya). jadi 1 tampah itu ada nasi kuning, buat dimakan bareng pake tangan. wah ini mah namanya kebersamaan banget!! seru deh pokonya. entah apa yang membuat kelompok gue ini juara pertama makan. haha mungkin karena ada gue (gue doyan makan dan kalo makan pasti paling cepet) wkwk.

setelah kita makan siang, kita main game lagi. akhwat pindah ke lantai 2 masjid sedangkan yang ikhwan (laki2) tetap dibawah. kita bikin lingkaran besar sambil pegangan tangan satu sama lain, dan ada 2 tali rafia. tali rafia itu dipindahkan dari satu badan ke badan lain tanpa boleh memutuskan pegangan tangan. waktunya ditentuin, sampe mana tali rafia itu berhenti. gue pun saat itu juga bener2 punya feeling buruk kalo tali rafianya bakal berheti di gue. semuanya teriak2 dan panik gara-gara game ini. dan bener feeling gue itu!! talinya berhenti di gue!! awwwnaawww, itu artinya gue kena hukuman!! hukumannya suruh hapalan surat juz 30. gak cuma gue yang dihukum. ada lagi anak smk IKIFA juga kena hukuman.. haha. gue dan anak IKIFA itu suit buat menentukan siapa yang duluan hapalan. setelah suit, alhasil gue yang kalah!! dan gue hapalan surat al-qadr & al-fill.. hah.. dihukum di depan semua peserta akhwat. dagdigdugder.. pengalam pertaman] gue dihukum gara2 kalah maen game!! wkwkwkwk, tapi tak apalah. dari situ gue belajar, gue gak boleh berprasangka dan ber-feeling buruk dulu, karena prasangka Allah itu tergantung prasangka kita..

setelah game selesai, kami bikin 4 lingkaran untung sharing soal masalah rohis sekolah masing2. hmm disinilah gue mulai berani berbicara untuk sharing masalah rohis sekolah gue. Alhamdulillah, dengan sharing ini, gue dapet solusinya. solusi dari teman2 sekolah lain dan dari panitia akhwat..haha. mudah-mudahan solusi itu berhasil gue realisasikan..

setelah sharing selesai, kita shalat ashar sejenak. ssetelah itu acara ditutup. sebelum pulang, ada sesi foto-foto bareng (lagi2, akhwat dan ikhwan dipisah pada acara sesi foto ini).

gue sangat senang dan kagum dengan acara silakbar ini. nambah ilmu, teman, pengalaman, dan semoga ada keberkahan juga :0

sekian cerita dari gue..
wassalamu'alaikum wr. wb :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar